Write your dream now!!!

Beberapa kali mulai dari sama sampai menginjak perguruan tinggi,jika ada acara organisasi atau pembekalan dari suatu instansi pasti ada yang namanya acara motivasi diri,entah apapun namanya,mulai dari ESQ dan masih banyak lagi.Dari yang aku dapat selama ini pasti “mimpi” menjadi hal yang sangat pokok dan paling sering di bahas.Di mana pas acara pramuka waktu SMA melihat video anak daerah yang serba nggak punya,tapi bisa kuliah di IPB.Selama kuliah di menliskan 100 keinginannya dan voila…dengan kerja keras semua impiannya tercapai termasuk bisa pergi kejepang.

Nah kemarin pas Diklat di Arhanud malang juga dapet ESQ tentang pentingnya menuliskan impian-impian kita.Kenapa harus ditulis?? karena dengan menulis kita tidak akan lupa dan dengan menulis ini akan masuk dalam angan-angan kita.

Beberapa waktu kemarin kok pas banget di kaskus membahas tentang pentingnya menulis impian kita,tulisannya sempat jadi HT (Hot Tread) dan setelah aku lihat ternyata tulisan itu di ambil dari blognya bang alit yang dulu katanya juga kayak gitu kehidupannya,sekarang bisa dilihat sendiri,udah jadi penulis seperti raditya dika,keluarnegri gratis dan banyak deh pokoknya.

Aku sendiri mulai sekarang juga udah merencanakan 100 Program kerja yang akan aku capai,dan doakan ya semoga berhasil tercapai.Karena pentingnya ini aku mau share tentang mimpi yang dari blognya bang alit tadi.erikut kutipannya.

————————————————————-

Oke.. Coba perhatikan foto di bawah ini.. Ini adalah foto DREAM NOTE gue..


Bukan.. ini bukan tulisan gue zaman kelas 1 SD.. Ini adalah tulisan gue di tahun 2006. Tulisan gue emang lebih parah dari keadaan bulu ketek The Rock. Itu karena dulu pas TK gue nyaman nulis pake tangan kiri, tapi pas SD gue dipaksa nulis pake tangan kanan yang menurut gue malah bikin kaku.

Fine, lupain soal bentuk tulisan gue. Coba lo baca isi DREAM NOTE di atas.. Buat yang bener-bener gak bisa baca, gue “terjemahin” sebagian di antaranya ya..

“Aku mampu membiayai operasi katarak mata mamaku sehingga beliau bisa sehat dan bahagia, atau malah lebih sehat dari sebelumnya..”
“Aku mampu menulis buku best-seller yang terjual jutaan kopi..”
“Aku mampu melunasi hutang-hutang keluargaku di bank sehingga keadaan ekonomi kami bisa stabil kembali, atau lebih baik dari itu..”

Selain beberapa impian yang kefoto itu, masih ada beberapa impian-impian “kecil” lain yang gue taroh di DREAM NOTE. Di antaranya:

“Aku bisa beli laptop macbook pro keluaran terbaru, dengan spek terupdate, atau lebih baik dari itu..”
“Aku bisa jalan-jalan ke luar negeri, menikmati indahnya kota tetangga, atau bisa berlibur dengan cara yang lebih baik dari itu..”
“Aku bisa beli mobil, bla..bla..bla..”
“Bla..bla..bla..”

Dan mungkin buat orang-orang yang LOGIS, impian-impian di atas cuma bakal jadi impian doang yang nggak bakal tercapai olehseorang anak penjual jamu keliling yang hidup di desa terpencil seperti Sragen, kota gue dulu. Tapi FYI, bukan bermaksud Riya’.. Alhamdulillah sekitar 80% dari impian yang gue tulis di DREAM NOTE di atas udah tercapai.. Justru malah impian-impian penting demi membantu orang lain lah yang duluan tercapai.. Senengnya, luar biasa.. At this point, gue udah ngalahin Mental Block!

Gue anak penjual jamu keliling. Dulu gue kuliah aja kudu sambil kerja di tempat bowling. Dulu buat bisa beli komputer, gue kudu jual motor hingga akhirnya tiap hari gue kudu naik BMX ke mana-mana. But look! Sekarang gue udah beberapa kali main ke luar negeri gratis, gue udah bisa bikin mata mama gue sehat kembali, keluarga gue udah nggak punya utang lagi, gue ke mana-mana gak takut sama ujan lagi karena udah ada mobil, dan sekarang gue lagi ngetik postingan ini dengan Macbook Pro Retina Display, which is keluaran terbaru. Bukan niat pamer.. Sumpah.. Cuma mau mastiin lagi, masih kah kalian mau dengerin apa kata Mental Block?! 🙂

Woaaahh.. Jadi penasaran nih! Emang DREAM NOTE itu penting ya Litt?!

Penting banget! Dulu beberapa temen kampus gue, waktu gue tunjukin DREAM NOTE ini, mereka pada ketawa. Dan mereka cuma komen, “Lo tulis gitu emang ngaruh?! Udahlah.. Logis aja.. Kalo emang mau tercapai, ya kuliah yang bener.. Jadi guru, kumpulin gaji.. Tercapai deh..” Tapi sekarang, kalo mereka liat postingan ini, pasti mereka nyesel dengan apa yang udah pernah mereka ketawain. Dan perlu diinget, itu semua gak tercapai gitu aja. Gue kudu berjuang mati-matian buat ngewujudin impian gue tanpa mau dengerin kata logika. Liat kisah gue merintis karier dari NOL di SINI. 🙂

DREAM NOTE itu penting banget. Soalnya DREAM NOTE ini gunanya buat bikin kita fokus ke impian-impian apa aja yang lagi kita kejar. Biar kita nggak belak-belok di tengah jalan. Misal, lo pengin banget punya iPad, tanpa lo tulis di DREAM NOTE, mungkin lo bakal tergiur dengan tablet PC yang lebih murah di tengah perjalanan lo nabung duit lo buat iPad tadi. Endingnya? Gagal punya iPad dan terjebak Tablet PC yang lebih murah, padahal elo pasti bisa dapet iPadnya kalo mau sabar dan lebih fokus. :p

Selain buat bikin kita fokus ke impian-impian kita, DREAM NOTE buat gue gunanya adalah sebagai pemacu semangat biar gue gak pernah capek buat ngejar apa yang jadi impian gue. Setiap kali gue gagal, gue bakal baca ulang DREAM NOTE gue, dan gue bayangin betapa nikmatnya kalo impian-impian itu tercapai. Endingnya? Semangat lagi deh! 😀

Oke Litt! Oke.. Gue tertarik buat bikin DREAM NOTE nih.. Caranya gimana?

Ada beberapa rules dalam bikin DREAM NOTE. Here they are:

1. Tulis pake tangan
Kenapa? Karena, dengan menuliskan sesuatu pake tangan, tanpa kita sadari, hal yang kita tulis itu masuk ke alam bawah sadar kita. Dan hal itu nggak bakal terjadi kalo kita nulis DREAM NOTEnya dengan cara mengetik.

2. Gaya nulisnya
Awali dengan kata “Aku punya..” atau “Aku bisa..” Jangan menggunakan kalimat-kalimat yang belum pasti seperti, “Aku akan..”. Karena itu bakal ngasih hasil yang gak pasti juga. Terus, jangan lupa kasih deadline. Misal, “Tahun 2013, aku punya pacar yang bla..bla..bla..” gitu. Biar jelas juga, kapan Tuhan ngerasa siap lo nerima “titipan” itu.

3. Dahuluin impian yang bermanfaat untuk orang lain
Gue anjurin kalian buat bikin impian-impian yang bermanfaat buat orang lain. Karena impian-impian semacam itulah yang bakal lebih cepet dikabulin Tuhan. Dan dengan membuat impian yang bermanfaat untuk orang lain, kita bakal merasa lebih termotivasi saat ngebayangin impian itu bisa tercapai dan orang itu ngerasa bahagia berkat kita. Endingnya, saat impian-impian yang bermanfaat buat orang lain itu udah tercapai, kita bakal makin pede buat ngejar impian sendiri. 😉

4. Tulis dengan detail
Udah liat DREAM NOTE gue di atas? Gue menulis semuanya dengan detail, biar gue bener-bener bisa fokus sama apa yang gue mau. Gimana Tuhan mau ngasih apa yang kita mau, kalo kita sendiri belum bener-bener tau detail hal yang kita mau? Jangan lupa buat nulisin “…yang lebih baik dari itu” di akhir tiap impian. Biar kalo impian yang kita mau itu gak tercapai, kita bakal tetep dapet ganti yang lebih baik. 😉

5. Sering-sering dibaca
Kalo udah dibikin, taroh tuh DREAM NOTE di tempat di mana kalian bisa gampang buat ngambil dan baca. Kalo gue sih, gue taroh dompet. Sering-sering dibaca, sering-sering dibayangin. Biar kita nggak asing lagi dengan bayangan kesuksesan. Kalo bayang-bayang sukses udah sering dirasakan, tinggal tunggu kesuksesan itu datang menjadi kenyataan.

6. Pamerkan
Tunjukkan Dream Note kalian ke orang-orang terdekat biar kalian bisa dapet support dan doa dari mereka. FYI, makin banyak orang yang meyakini impian-impian itu, makin cepet juga impian itu bakal tercapai. Jangan takut kalo pas kalian tunjukin Dream Note itu, kalian malah diketawain. Justru jadiin hal itu sebagai pemicu semangat kalian untuk membuktikan ke mereka kalo kalian bener-bener bisa ngewujudinnya. 😉

7. Berusaha
Yup.. Itu semua bakal tetep jadi impian kalo kita nggak berusaha. Nggak mau berusaha itu salah satu dari efek dengerin mental block. Jangan pernah mau masa depan kita dikacauin sama mental block. Lakuin aja apa yang kalian rasa itu bakal baik buat kalian. Karena hidup ini terlalu luas dan luar biasa untuk bisa dijelaskan dengan logika. Pesen gue sih, Ketekunan itu selalu membuahkan hasil.. Kalo kalian belum ngerasa dapet hasil, artinya kalian belum cukup tekun. 😀

Oke.. Kayaknya sekian dulu sharing soal Mental Block hari ini. Gue gak berniat menggurui atau sok pinter. Gue cuma berniat sharing aja tentang betapa hebat kekuatan manusia setelah manusia itu bisa ngalahin Mental Block, berdasarkan dari pengalaman gue. Gue juga berharap, generasi muda Indonesia yang akan datang adalah generasi-generasi pantang menyerah yang nggak mau diperbudak Mental Block baik dari diri sendiri maupun dari cibiran orang lain. Semoga kalian bisa mendapatkan manfaat dari tulisan gue ini. Jari gue udah pegel. Selamat berjuang, kawan-kawanku! 😀

Unzur ila maa qoola walaa tanzhur ilaa man qoola..

————————————————————-

 Yap ayo di tulis jangan cuma di inget,atau di khayal aja!!!! Letakkan mimpi2 mu di setiap jalan yang akan kamu tempuh!!! jangan takut untuk bermimpi,kecuali kalo bermimpi itu harus bayar pake uang hehehhehe…So write your dream now and dont forget Believe,Dream and Pray…..If you hard work you will get it!!!

Thanks to: motivator2 yang telah memberi ilmu dan makasih buat bang alit atas tulisannya yang inspiratif.

– www.opowi.net

Related posts

One Thought to “Write your dream now!!!”

Leave a Comment