Trik Sukses Menurunkan Berat Badan di Bulan Puasa

www.opowi.id – Trik Sukses
Menurunkan Berat Badan di Bulan Puasa

Bulan Ramadan sebentar lagi segera tiba. Banyak hal-hal
istimewa yang pasti kita rindukan selama bulan Ramadan. Berkumpul bersama
keluarga sambil menunaikan ibadah puasa memang sangat menyenangkan.
source by meetdoctor.com
Para wanita muslimah yang sudah berkeluarga biasanya
sangat senang mencoba berbagai referensi resep masakan. Agar sajian hidangan
selama bulan Ramadan jadi lebih variatif. Hal ini tentu boleh-boleh saja. Namun
wanita muslimah juga harus cermat menjaga berat badan. Jangan sampai semua
pakaian jadi sempit karena menyantap makanan enak secara berlebihan.
Mengenakan gamis katun yang elastis memang membuat kita
merasa nyaman. Sebab biasanya gamis katun memiliki ukuran longgar dibandingkan
jenis pakaian lain. Kini, motif gamis katun modern juga punya varian motif yang
sangat beragam. Jangan sampai berat badan terus bertambah akibat makan
berlebihan di bulan Ramadan.
Jika ingin menurunkan berat badan berlebihan selama bulan
Ramadan, kita harus menjalankan trik-trik berikut ini secara konsisten:

Minum Segelas
Air Ketika Berbuka Puasa
Untuk meminimalkan nafsu makan berlebihan saat buka puasa,
kita wajib meminum segelas air terlebih dahulu. Karena sinyal haus dari tubuh
terkadang samar dengan rasa lapar. Setelah minum segelas air, metabolisme tubuh
akan mulai beradaptasi. Kita pun tidak akan menyantap makanan manis secara
berlebihan saat berbuka puasa.

Mengawali
dengan Makan Buah
Ketika berbuka puasa, tubuh memang membutuhkan makanan
manis sebagai asupan energi yang mudah dicerna. Namun, sebaiknya kita cermat
memilih jenis makanan manis supaya berat badan tidak bertambah. Daripada
menyiapkan tajil dalam jumlah banyak, sebaiknya kita mengawali buka puasa
dengan menyantap buah. Aneka buah manis seperti kurma, pisang, dan melon bisa
menjadi pilihan tepat. Karena kandungan gula dalam buah tentu tidak sebanyak
penganan manis lainnya.

Asupan Protein
dalam Jumlah Cukup
Kita tak boleh mengabaikan asupan protein selama berpuasa.
Sebab asupan protein sangat penting bagi kebutuhan energi tubuh dan pembentukan
otot. Jika tubuh mendapatkan asupan protein dalam jumlah cukup, kita pun tak
akan mudah lemas saat beraktivitas. Jadi, jangan lupa mengonsumsi makanan yang
mengandung protein hewani dan nabati saat berbuka puasa dan sahur.

Jangan Ragu
Berolahraga
Kita tak perlu menghentikan aktivitas olahraga ketika
berpuasa. Justru kita harus tetap berolahraga untuk menjaga keseimbangan
metabolisme tubuh. Kita dapat menyiasatinya dengan cara berolahraga menjelang
waktu berbuka puasa. Lakukanlah olahraga yang ringan seperti yoga, jalan kaki,
atau bersepeda. Agar tenaga kita tidak terlalu terkuras sesaat sebelum berbuka
puasa.

Sahur Tak
Boleh Dilewatkan
Selama ini banyak orang yang melewatkan sahur dengan
alasan mengantuk. Padahal, sahur sangat penting untuk menunjang kebutuhan gizi
harian bagi tubuh. Kita harus menyantap makanan kaya gizi dalam jumlah cukup
agar tubuh tetap berenergi. Kurangi konsumsi makanan berlemak agar proses
pembakaran kalori tubuh berlangsung maksimal.

Menyantap
Aneka Makanann Kaya Serat
Makanan yang kaya serat tak hanya baik untuk meminimalkan
risiko konstipasi. Ternyata, makanan kaya serat juga akan membuat kita kenyang
lebih lama. Jadi, kita tak boleh mengabaikan asupan serat selama berpuasa.
Aneka buah, sayuran, dan kacang-kacangan adalah bahan makanan sumber serat yang
harus tetap dikonsumsi. Jika kita mengonsumsi makanan kaya serat sewaktu sahur,
kita pun akan merasa kenyang seharian.
Berbekal ketuju trik praktis tersebut, kita pasti sukses
menurunkan berat badan selama berpuasa. Memiliki berat badan ideal bukan lagi
sekadar keinginan jika kita menjalani pola hidup sehat sejak bulan Ramadan
nanti.

Related posts

Leave a Comment