Sejarah Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS)

Cikal bakal berdirinya Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya(PPNS) adanya program non gelar PAT(Pendidikan Ahli Teknik) ITS jurusan teknik perkapalan tahun 1979 .Perubahan struktur organisasi yang berlaku bagi universitas/institut sesuai peraturan pemerintah no.5 tahun 1980.

Melihat Politeknik memberikan hasil dan prospek yang baik,Maka melalui program”loan agreement” denga world bank tahun 1986,pemerintah melalui direktorat jendral pendidikan tinggi menawarkan pembukaan politeknik baru di ITS.Rektor ITS saat itu Ir.Harjono Sigit BS menerima tawaran tersebut dan berdirilah Politeknik Perkapalan Surabaya-ITS.
Pada Tahun 1987 PPNS mendapat bantuan hibahh dari pemerintah Jerman Barat Melalui Gesellschaft fur technische Zusammenarbeit (GTZ).
Dalam perjalanannya,PPNS mengalami perubahan posisi dalamstruktur organisasi di ITS.Pada tahun 1991 PPNS terpisah dari FNGT dan berdirilah perguruan tinggi dengan nama Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS) dan satu-satunya Politeknik negeri yang menyelenggarakan pendidikan di bidang perkapalan.
Program Studi di PPNS:
T.Perencanaan dan knstruksi kapal (D III)
T.Bangunan Kapal  (D III)
T.Permesinan Kapal  (D III)
T.Kelistrikan Kapal  (D III)
T.Keselamatan dan Kesehatan Kerja (D IV)
T.Pengelasan (D IV)
T.Desain dan Manufaktur (D IV)
T.Perpipaan (D IV)
T.Otomasi (D IV)

 

Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
JL.Teknik Kimia Kampus ITS keputih Sukolilo Surabaya

– www.opowi.net

Related posts

Leave a Comment