PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya) belajar ke ARHANUD Batu

PPNS sebagai salah satu politeknik terbaik di Indonesia yang
berada di jalan teknik kimia Kampus ITS Surabaya pada tanggal 25 sampai-31
agustus 2013 lalu mengadakan OSPEK di PUSDIK (Pusat Pendidikan TNI) ARHANUD(arteleri
pertahanan Udara) Batu.Berbeda dengan institut atau universitas lain yang
mengadakan ospek dengan “aneh” di PPNS ospek bertujuan untuk mendidik calon
mahasiswa menjadi lebih baik.
Persiapan berangkat sendiri sudah dilakukan sejak pukul 10
pagi tanggal 25 agustus,dimana peserta yang baru datang absen di masing-masing
jurusan dan mendapatkan 2 buah kaos dan 1 buah topi.Setelah semua sudah
mengenakan kaos yang diberikan PPNS peserta setiap jurusan berkumpul untuk
ISOMA (Istirahat Sholat Makan).Setelah itu dilanjutkan dengan upacara pembukaan
diklat.Kurang lebih pukul 4 sore semua peserta berbaris menuju TRUK TNI yang
besarnya super duper,yang 1 truknya diisi 26 orang.Dan setelah semua naik
iringanpun mulai bergerak yang ditandai dengan sirine mobil dan sepeda motor
polisi.Jalanan komplek Kampus ITS Surabaya pun terhenti sejenak karena ada
sekitar 28 truk dan 5 kendaraan lebih yang akan lewat.Dengan pelayanan VVIP
rombonganpun berjalan dengan lancer karena semua lampu merah ditrobos
heheheheh.Bagi yang nggak mau ketabrak ya harus minggir hehehehhe,kesan saat di
atas truk sungguh luar biasa dimana kalo kita ada di jejeran paling depan akan
melihat truk gede2 berjejer di sore hari,kayak di film2 tipi yang sering kita
liat,dimana truk gede2 jejer dan menyalakan lampu dan sirinenya yang mungkin
membuat gendang telinga agak sakit.

Sekitar pukul 6.30 kami berhenti di dekat batu,untuk makan
malam,kita semakin special karena yang elayani para tentara.Rombongan tiba di
arhanud malang sekitar pukul 21.00 mungkin ini kelihatan lama banget karena ini
rombongan,jadi harus saling tunggu.Kalau mau tau perasaan di truk selama 5 jam
gimana? Jawabannya sakit banget di tulang belakang,but I thing it’s good
experience for my self.back to main topic….Setelah menurunkan barang dan
tentunya diri sendiri,semua berkumpul perpleton dan antar pleton berbaris
perkompi,yang berjalan menyusuri gelap dan dinginnya batu.Di damping Danton
(komandan pleton) saya yang tergabung di kompi A pleton 2 langsung menuju
barak,setelah menaruh semuanya kami tidak langsung tidur tapi langsung
mengikuti Apel malam.Setelah semua berkumpul setiap pleton di beri Danton dan
baton,pleton saya mendapat DANTON (Letnan 2 arhanud kiswanto) dan Baton
(bintara pleton) pak wiwit.Setelah selesai,pukul  22.00 kami istirahat.Kebetulan saya berada di
tempat tidur yang bawah.
Pukul 4 pagi kami semua sudah bangun,dan diberi waktu 15
menit untuk merapikan tempat tidur plus memakai seragam dan sepatu yang telah
ditentukan.Pukul 4.16 saya dan teman-teman berbaris untuk sholat dan yang perlu
diingat,saat di masjid sepatu juga harus rapi.Setelah  itu sekitar pukul 4.40 kami melaksanakan
senam sampai pukul 5.30.Setelah itu kami melakukan pembersihan (mandi) yang
hanya diberi waktu 10 menit,jangan harap dapat kamar mandi satu-satu karena
disini kita mandi bersama (laki2 aja kok heheheh)..Pukul 6 kita berjejer menuju
barak makan yang bisa menmpung hamper 700 orang,disana kita kembali harus
baris.Gimana makanannya? Selama saya di sana nggak ada makanan hangat semua
dingin,seperti baru keluar dari kulkas.Nasi dingin,the dan jahe dingin pokoknya
semua dingin….dan gong pertama dibunyikan pertana kita harus berdoa dan dalam
posisi siap…gong ke dua berbunyi ,berdoa selesai dan kita mengucapkan “SELAMAT
MAKAN” singkat cerita setelah makan tradisinya seperti pembukaan tapi pada gong
kedua kita mengucapkan “Terimakasih”.
Setlah makan kita langsung digiring ketmpat yang menurutsaya
seperti aula,dan ternyata salah itu adalah tempat menyimpan senjata yang telah
diubah sperti aula,dimana pada tanggal 26,27,28 kita akan mendapatkan pelajaran
disana,yaitu 1.Wawasan kebangsaan,2.Kepemimpinan,3.4 Pilar kebangsaan yang
digelar selama 3 hari di waktu yang sama..Setelah pelajaran selesai semua
ISOMA.Dan pukul 2 kita harus menuju lapangan untuk latihan PBB (baris-berbaris)
sampai pukul 3 sore,di PBB kita juga di ajari yel-yel,outbond dan masih banyak
lagi.di hari ke 3 selain PBB kita diajari outbon,dimana kita harus mengarungi
berbagai tantangan,jalan di atas tali,merangkan,memanjat dan tentunya ilmu
tali.Di hari ke 4 kita mulai melakukan latihan upacara untuk penutupan,di hari
kelima kita mendapatkan pembekalan ESQ (Emotional Spiritual Quostion) yang
dilakukan bagda sholat jum’at sampai pukul 22.00.
Dimalam hari kegiatan hamper sama seperti yang pertama,kita
harus APEL malam sebelum istirahat.Dimana dimalam terakhir kami pleton 2 di
traktir sama pak wiwit,mantap deh pokoknya..
Dan pada sabtu 31 agustus pagi kita upacara,dan dilanjutkan
hal yang dari awal sudah dinanti yakni pulang.

Pelajaran yang didapat selama 7 hari,mungkin awalnya kita
akan malas dan takut nanti kalau kita seperi tentara,namun dengan apa yang di
didik di sana kita maba PPNS (Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya) menjadi
semakin sholit dan mengenal satu sama lain.Walau hanya sebentar jiwa korsa kami
mulai terbentuk.Hari terakhir kami berpikir “ternyata singkat,jadi pengen
disini lebih lama” padahal awalnya tidak.Semua ini akan menjadi kenangan….oh ya
bagi yang baca ini,dan akan menjalankan ospek entah maba yang lama atau maba
PPNS 2014 , 2015 , 2016 atau seterusnya,jangan takut karena disini kita didik
lebih baik,ini akan menjadi pengalaman berharga yang tak akan terlupakan.
So don’t worry,you will get what you want if you work
hard….so keep smile guys….
NB: maaf nggak bisa memberi foto,karena disana kita tidak
boleh bawa Handphone….
PPNS SUcces 😀

Believe Dream Pray

www.opowi.net

You May Also Like

9 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *