Pengalaman mengganti plat dan STNK 5 tahunan sepeda motor dari luar kota

www.opowi.net – Hai sobat Opowi, kali ini saya akan membagikan pengalaman yang cukup penting bagi temen-temen pengguna sepeda motor yang ingin membayar pajak 5 tahunan di SAMSAT luar domisili sepeda motor (Cek fisik Bantuan).Cek fisik bantuan sendiri adalah melakukan cek fisik pada kendaraan yang dilakukan diluar domisili kendaraan (mobil/motor) kita beli.Sepeda motor saya ber-plat nomer dari Karisidenan Madiun alias ber-plat AE dan saat ini saya sedang tinggal di Surabaya untuk menimba Ilmu Alias Kuliah Guys.Sebenarnya habis pajaknya masih bulan Maret sih tapi untuk jaga-jaga saya bayar aja bulan januari lalu.

              Pagi itu kalau ngga salah sih hari Selasa,saat itu udah ngga ada kuliah karena sudah melalui UAS,karena ngga mau ngantri terlalu panjang saya pun berangkat agak pagi,sekitar pukul 7.35 . SAMSAT yang saya tuju adalah yang berada di Surabaya Timur karena saya kuliah di daerah sana.Jarak KOS ( Daerah Kampus ITS/Institut Teknologi Sepuluh Nopember) dengan SAMSAT cukup dekat hanya sekitar kurang dari 2 Km (kira – kira <5 menit).Sesampai disana yang saya lihat tidak sesuai ekspektasi saya, ternyata antriannya cukup panjang. Karena ketidak tahuan cara, saya pun mengantri di bagian Drive true , Langsung aja dari pada tersesat terlalu jauh saya pun menyuruh saudara saya untuk tanya ke petugas. Dia mendapat jawaban bahwa untuk mengganti plat sepeda motor luar kota langsung aja ke tempat Uji Fisik.Karena terlanjur antri saya pun tetap mengular di bagian Drive True.Ternyata setelah tiba bagian saya petugas memberikan pengarahan harus menggunakan KTP asli pemilik sepeda motor, Dengan kecewa saya-pun pulang ke kos dan memberi tahu untuk mengirimkan KTP-nya.

Formnya

Loket cek Fisik

Tempat cek fisik

Suasana SAMSAT

Suasana SAMSAT

Mengisi Form

Petugas

Suasana SAMSAT

          
               2 hari setelah pengiriman KTP tepatnya hari kamis akhirnya barangnya sampai,Karena sampainya siang akhirnya saya putuskan kembali ke SAMSAT-nya besok aja (Hari Jum’at).Karena ngga ingin ngantri saya pun berangkat sepuluh menit lebih awal dari ketika hari selasa kemarin. Ternyata sudah ada yang mengantri walaupun tida banyak, saya pun langsung ketempat uji fisik (ingat jangan ke Drive true, langsung aja ke tempat uji fisik), lalu saya langsung minta Form uji fisik,saya bilang aja ” Uji fisik luar kota Pak”, lansung aja di beri form. Setelah itu parkir di antrian sepeda untuk di Gosok nomor Mesinnya (Sumpah, saya baru tahu kalo gosok nomer mesin ternyata untuk mengetahui nomer mesin, saya kira nomer mesinnya di hapus lalu diganti nomer yang baru . LOL), Janga  lupa di jagang pakai standar yang tengah. Ngga usah takut kalo bapaknya ngga tau dimana tempatnya nomer mesin, karena mereka sudah profesional guys. Sambil menunggu antrian isi Form tadi sesuai yang diminta. Ternyata ngga perlu nunggu lama , setelah form saya isi langsung saya serahkan ke petugas dan langsung digosok nomer mesinnya. Setelah kira-kira 2 menitan petugas mengisi form dan diserahkan kesaya. Petugasnya nyuruh beli Stofmap untuk tempat Seperti BPKB,STNK,dan KTP asli  (Note : Bawa aja Stofmap sendiri, kemarin ditawarin sama orang, dan berapa harganya “Rp.10.000″ ,What… Buju buneng dah).Setelah dapet Stofmap langsung aja serahin yang saya bilangin tadi ke petugas, Ngga usah nunggu bapaknya langsung aja letakin di meja loket. Setelah beberapa menit menunggu, pokoknya ngga ada 10 menit langsung di panggil petugas, saya pun langsung ambil dan Petugasnya bilang ” Setelah ini serahkan ke SAMSAT kotanya” . Dan yang paling penting dari semua ini adalah “GRATIS”.
Bagaimana sobat OPOWI, semoga bermanfaat.
Terimakasih :
Tuhan Yang Maha Esa
Kedua orang Tua
SAMSAT Surabaya Timur
SAMSAT Magetan
Dan semua pihak yang mendukung selesainya artikel ini.
             

Related posts

Leave a Comment