Mengenal web Hosting dan Domain

apa itu domain?apa itu hosting? mungkin banyak orang yang keliru terhadap kedua hal, Domain dan hosting merupakan suatu kebutuhan yang sangat pokok bagi para blogger di era modern ini.Apalagi sekarang ini blog/website adalah media yang paling mudah diakses dimanapun dan kapanpun,dengan berita yang aktual dan update.Untuk membuat blog atau website tidak akan bisa berjalan tanpa adanya domain dan hosting.oleh karena itu disini saya akan menjelaskan apa itu domain?dan apa itu hosting?

Domain

Pengertian domain sendiri secara singkat adalah nama unik/alamat untuk website anda.contoh domain www.jagoanhosting.com dimana bisa kita jabarkan 1)jagoanhosting adalah nama unik dan 2).com adalah domain.Kalau secara awam bisa di ibaratkan jika kita mempunyai sebuah toko,domain adalah nama toko yang kita miliki.Dalam memilih domain janganlah asal-asalan,makin unik nama domain makin mudah dihafal oleh orang.Singkat/pendek juga mempengaruhinya misal.

www.opowibloggaulberitaupdate.com dengan www.opowi.com .Mudah yang mana?Maka dari itu dalam hal ini cepatlah memesan domain anda sebelum dipakai orang lain.

Contoh domain LOKAL(Indonesia)

DOMAIN UNTUK
co.id Untuk Badan Usaha yang mempunyai badan hukum sah
ac.id Untuk Lembaga Pendidikan/Universitas indonesia
go.id Khusus untuk Lembaga Pemerintahan Republik Indonesia
mil.id Khusus untuk Lembaga Militer Republik Indonesia
or.id Untuk segala macam organisasi yand tidak termasuk dalam kategori “ac.id”,”co.id”,”go.id”,”mil.id”
war.net.id untuk industri warung internet di Indonesia
sch.id khusus untuk Lembaga Pendidikan yang menyelenggarakan pendidikan seperti SD, SMP dan atau SMU
web.id Ditujukan bagi badan usaha, organisasi ataupun perseorangan yang melakukan kegiatannya di World Wide Web.

TLD international

Domain Untuk
.com Digunakan untuk bidang bisnis
.edu digunakan untuk bidang pendidikan
.net digunakan untuk perusahaan yang bergerak dibidang penyelenggaraan jasa koneksi internet.
.org digunakan untuk badan sosial atau badan organisasi nirlaba
.biz Digunakan untuk bidang bisnis
.info Tidak ada ketentuan,bisa digunakan siapa saja
.gof Digunakan untuk pemerintahan
 

Hosting

serta hosting merupakan tempat untuk menyimpan dokumen anda,di hosting inilah semua data-data anda mulai dari gambar,artikel dll disimpan.Hosting sendiri bisa kita ibaratkan toko kita tempat menjual ataupun menyimpan dagangan kita.Jika anda memesan hosting tersedia banyak pilihan mulai dari yang berkapasitas 250mb sampai yang 5gb.Jika anda pebisnis saya sarankan memilih dengan bandwith yang besar karena semakin besar bandwith semakin cepat pula akses ke website/blog anda.

Tipe-Tipe hosting

jenis Hosting ada bermacam-macam, yang paling banyak digunakan adalah virtual (shared) hosting. Dimana didalam satu server terdapat banyak hosting dan terdapat banyak domain. Biasanya hosting yang satu ini yang paling banyak digunakan, biayanya juga lebih murah. Free Hosting, nah kalau yang ini merupakan hosting gratisan, anda tidak perlu membayar apa-apa tetapi biasanya akan banyak iklan yang muncul pada website anda dan anda tidak bisa memiliki domain sendiri. Dedicated Hosting, nah yang ini merupakan solusi yang paling mahal. Karena anda memiliki server sendiri dan dalam satu server tersebut hanya ada satu hosting dan domain milik anda. Anda memerlukan tenaga ahli untuk merawatnya. Collocated Hosting, yang satu ini juga solusi yang mahal, sama seperti memiliki server sendiri dikantor / rumah anda, tetapi pada Collocated Hosting servernya terletak diperusahaan hosting dan mereka yang merawatnya.

Dengan demikian karena anda sudah mengerti anda dapat memilih hosting dengan bijaksana.

 

Setelah kita mengetahui arti domain dan hosting kita juga makin tau keterkaitan yang erat antara domain dan hosting.Semakin majunya jaman para pemilik blog dituntut untuk lebih profesional dalam mengelola blognya,salah satunya dengan cara menggunakan hosting yang powerfull untuk menambah kecepatan loading dan menumpuknya pengunjung blog/website.Bagi para pebisnis online domain TLD sangatlah diperlukan,dengan domain TLD tersebut akan mudah mendapat kepercayaan oleh para konsumen,karena mereka tau dengan domain TLD pengelola mengelola dengan profesional.Dengan tuntutan yang semakin banyak maka dari itu Jagoan Hosting Indonesia selaku penyedia hosting dan domain yang handal dan dengan harga yang terjangkau hadir.Kita tidak perlu dipusingkan,harus kemana kita membeli?Hanya dengan beberapa kali klik kita bisa mendapatkan domain dan hosting dengan cepat dan mudah

untuk lebih jelas soal domain dan hosting mari kita simak video dibawah

– www.opowi.net –

Related posts

One Thought to “Mengenal web Hosting dan Domain”

  1. terima kasih infonya menarik sekali, menurut agan gimana tentang hosting murah idwebhost.com?

Leave a Comment