Mengatasi RESULT : Fail ( problem with write chace command) pada asus zenfone 4

www.opowi.id – Selamat pagi sahabat opowi beberapa hari terakhir ini saya tidak bisa menggunakan smartphone asus zenfone 4 kesayangan yang sudah hampir tiga tahun ini menemani hari-hari saya. Awalnya saya agak santai karena problem yang terjadi memang sudah sering terjadi di smartphone ini yakni sering keluar tulisan “unfortunately has stopped” yang terjadi tidak hanya pada satu aplikasi namun lebih dari itu mulai dari google play servise,bbm,facebook dan app lainnya,yang membuat ketika aplikasi dijalankan otomatis akan keluar secara otomatis. Karena pernah mengalaminya saya tenang saja, dengan hanya flash ulang semua masalah akan selesai. Namun sialnya hari itu sudah lebih dari 10 kali saya flashing hp saya dengan berbagai cara seperti dengan pc maupun tanpa pc sudah saya jalankan, berbagai rom sudah saya download namun hasilnya masih nihil,smartphone tidak mau flash ulang…
Setelah tiga hari mencoba,akhirnya smartphone saya bootloop dimana ketika saya melakukan factory reset malah keluar tulisan “RESULT : Fail ( problem with write chace command)” 

hmmmm,so what should i do?
opowi.id failed mount
penampilan ketika gagal factory reset
Setelah tanya sana-sini, ternyata teman saya juga pernah mengalami hal serupa dengan smartphone yang juga sama yakni asus zenfone 4,dimana RESULT : Fail ( problem with write chace command) bukan kerusakan software maupun rom namun kerusakan HARDWARE pada smartphone ini lebih tepatnya kerusakan bagian EMMC (embedded Multi media Controller).

menurut infogadget.club EMMC adalah IC yang berfungsi sebagai media penyimpanan, di samping sebagai media penyimpanan EMMC ic di lengkapi dengan controller yang dapat mengatur serta mamanage dirinya sendiri, Berbeda dengan IC flash yang sifatnya hanya sebagai media penyimpanan saja. Sehingga membutuhkan IC lain ( Processor ) untuk mengatur, Menulis, dan Mengontrol isi dari IC Flash. Emmc sendiri di kembangkan untuk dapat memenuhi dunia mobile seperti smartpone,kamera, tablet, sistem navigasi, dan pemutar media yang kini semakin tinggi spec nya.

Jadi pada smartphone kegunaan emmc  yaitu menyimpan bootloader,partisi,recovery dan system OS.Sekarang sudah jelas,bahwa kerusakan RESULT : Fail ( problem with write chace command) penanganannya adalah dengan mengganti emmc nya yang ketika teman saya tanyakan pada tempat servise smarthphone harganya berkisar Rp. 300.000 (tiga ratus ribu rupiah ) dan yang lebih mencengangkan hpnya sendiri kalau dijual hanya laku RP 250.000 hmmm.. Hal ini memang terjadi karena saya sering memflash dan mengganti rom pada smatphone ini berkali kali yang menyebabkan emmc nya rusak.
Sebelum mengalami kerusakan lebih parah yuk cari tahu ciri-ciri smartphone kita akan rusak emmc nya, Dari artikel yang saya baca di infogadget.club ciri-ciri Ic EMMC lemah adalah :
  1. Wipe/Factory Reset Android Gagal – ketika hendak melakukan factory reset melalui recovery menu dan anda melakukan factory reset / Wipe selalu gagal atau bahkan Sukses tapi HP tetap tidak terformat.
  2. Di Flash Gagal – HP selalu gagal saat di Flash Ulang contohnya gambar berikutciri IC eMMC Rusak
  3. BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069) – Saat anda melakukan Flashing dengan SP Flashtool khususnya Android dengan Chipset MTK muncul pesan tersebut, Log tersebut memberikan Informasi bahwa Proses Flashing tidak dapat di lanjutkan karena eMMC sudah penuh >>>> Sebelum anda mengganti eMMC tersebut coba lakukan Format terlebih dulu dengan cara >> Buka Flash tool Versi 5 kemudian Load Scatter file, lalu format & flashing ulang, jika pesan  BROM ERROR: S_DL_PMT_ERR_NO_SPACE (5069) sudah dapat di pastikan bahwa eMMC rusak dan perlu di Ganti.
  4. Upgrade Gagal – Pada dasarnya terdapat 2 media di dalam eMMC yaitu nand flash dan controller nand flash saat melakukan Upgrade berarti kita akan menulis dan menghapus data pada Partisi OS yang terdapat pada IC Flash dan di control langsung dalam eMMC tersebut, jika controller IC Flash [ nand ] tersebut rusak maka proses penulisan ROM kedalam nand Flash tidak dapat di lakukan, sebaliknya jika bagian nand Flash rusak maka Proses Upgrade juga akan gagal karena memory tidak dapat di tulis oleh controller.
  5. Install Aplikasi gagal – ini di sebabkan oleh EMMC error write akibat nand flash tidak dapat di tulis oleh Controller yang terdapat pada eMMC.
  6. Sering Hang Meskipun menggunakan OS Official – Android banyak Hang padahal saat ini anda menggunakan OS bawaan ( Official ), ini menandakan bahwa media penyimpanan OS sudah tidak bekerja dengan baik, alias bad block.
  7. Muncul pesan Sayangnya Aplikasi terhenti – log seperti ini biasanya di sebabkan akibat controller pada eMMC rusak sehingga perlu di lakukan penggantian eMMC.
Untuk cen kondisi emmc silahkan download aplikasi bernama eMMC Check.
Semoga bermanfaat

Related posts

Leave a Comment