Mengatasi Pelanggaran hak cipta adsense

Beberapa bulan yang lalu saya mengalamai masalah lumayan pelik,yakni domain opowi.com ini di disable oleh Google adsense.Google memblok website ini dengan alasan blog ini melanggar hak cipta,sayapun juga tidak tau apa maksutnya.Padahal artikel disini buatan saya,dan kalaupun saya copas pasti ada link sourcenya,dan yang paling penting tidak copas 100%.

Nah kemarin saya mendapat titik terang ketika mengunjungi suatu forum,kalau dia juga pernah mengalami hal yang sama dengan saya (Pelanggaran hak cipta).Karena saya tertarik,sayapun langsung mengirim email kepadanya,dan inilah balasannya:

“Halo sobat… Terimakasih telah menghubungi @Warkop Aremania http://malangnews.blogspot.com
Terkait pelanggaran berhak cipta yang agan alami, sobat bisa mengajukan banding ke Team Google Adsense DISINI
SARAN PENTING:

 1. Sebelum menghubungi google, agan harus melakukan perombakan secara besar di situs yang diduga melanggar sampai semua pelanggaran hilang 100%.
2. Copot semua iklan adsense serta mesin telusur adsense dari situs tersebut.
Jika agan tidak tahu konten mana yang melanggar, baca dibawah ini;
Sesuai kebijakan resmi google saat ini, contoh konten melanggar hak cipta adalah;

1. Situs yang berisi atau menautkan secara langsung ke konten berhak cipta
2. Situs warez
3. Situs ROM
4. Situs yang didedikasikan untuk unduhan berkas audio atau video
5. Situs yang secara terang-terangan menyatakan materinya merupakan hasil bajakan
Diatas itu hanya sebagian contoh saja. Selain di atas, pelanggaran materi berhak cipta yang paling umum adalah gambar. Misalnya gambar antivirus, gambar game, gambar perangkat lunak, dan sebagainya. Semua gambar seperti itu dilindungi DMCA premium. 

Pelanggaran seperti diatas akan dikenakan sangsi situs agan didisabled dan tidak bisa menayangkan akun adsense. Jika terjadi pelanggaran berulang maka akun adsense akan dibanned secara permanen.
Biasanya google meningkatkan pengawasan jika situs mulai ramai (trafik mulai naik). Oleh karena itu semakin naik trafik maka pelanggaran harus semakin berkurang dan trafik melejit pelanggaran harus hilang 100%.
Untuk mencegah kemungkinan akun adsense ikut dibanned, buat blog baru dengan blogger yang mematuhi kebijakan program (minimal agan hrs punya 3 blog yang patuh), lalu tempatkan iklan adsense disitu. Situs tersebut akan melindungi akun adsense agan dari pelanggaran lain yang mungkin terjadi.

TAMBAHAN:
Google tidak menyarankan semua situs download utk dipasangi iklan GA karena rentan dengan pelanggaran materi berhak cipta, kecuali situsnya pemilik materi download yang syah. Semua situs download bajakan berakhir dibanned. Jika agan melihat situs download bajakan yang tdk dibanned, itu hanya tinggal tunggu waktu saja. Saya pernah menghapus situs download saya yg berisi 300 materi download dalam bahasa inggris walaupun kliknya banyak banget. Namun juga banyak klik yg tdk diakui alias earningnya nol. Itu adalah gejala banned yang terdeteksi oleh panduan mutu laman landas yang biasanya terjadi pada situs download/unduhan.
Demikian menurut pengalaman saya”
Nah semoga bisa membantu teman-teman yang mengalami hal seperti saya (doakan web ini diterima banding ya)”

– www.opowi.net –

Related posts

Leave a Comment