Magetan bukan hanya sarangan

Sarangan???Pasti sudah pastinya banyak orang yang tau,baik itu dari penduduk asli magetan ataupun dari luar magetan.Keasrian telaga ini sudah sangat tersohor bahwa ini milik magetan.Namun apakah semua orang tau bahwa magetan itu tidak hanya sarangan yang mereka kenal tapi sangatlah luas dan memiliki potensi yang sangat besar,tak kalah dengan kota/kabupaten lain di indonesia.Disini saya akan membahas sedikit tentang beberapa potensi yang ada dimagetan,yang mungkin sobat juga belum tau,yang kalau di eksplor dan di publish akan memiliki daya tarik sendiri.
Beberapa waktu yang lalu saya dan sahabat dari Blogger SMA 1 Magetan,menyempatkan waktu untuk menjelajah kota magetan,dan ingin lebih tau dan mendalam tentang wisata yang mungkin bisa menjadi pilihan sobat.

1.Candi sadon
DSC05017 DSC05023
Mengapa saya tempatkan candi sadon pertama,karena candi ini terletak sangat dekat dari rumah saya,tepatnya kurang lebih 3,5 km barat laut kota magetan.Candi yang terletak di desa cepoko kecamata panekan ini,bisa menjadi pilihan wisata edukasi pilihan,dimana kita bisa tau apa-apa saja yang ada didalamnya.Candi yang diperkirakan baru 1/3 dari bentuk aslinya ini merupakan peninggalan kerajaan majapahit,walau belum 100% nampak namun tak mengurangi nilai historisnya sobat,ketika saya dan sahabat dari blogger SMA 1 magetan mengunjungi tempat ini beberapa waktu lalu,kami bertemu dengan ahli dari candi ini beliau adalah bapak Sarnu.Kata beliau mengapa candi ini tidak digali lagi untuk menemukan bentuk aslinya??karena lagi-lagi masalah biaya sobat,saya sangat berharap pemerintah kabupaten maupun propinsi mau untuk mengembangkan potensi yang sayang jika ditelantarkan begitu saja.

Untuk pergi ke tempat ini sobat yang ingin naik kendaraan umum tak perlu kerepotan,dimana sobat bisa naik kol (teman-teman panekan biasa menyebut seperti itu) dan minta pak sopir untuk turun SADON,diperempatan sobat bisa berjalan kurang lebih 30 meter ke arah timur,dan bisa langsung tau candi yang berada di sisi kanan jalan.

Oh ya bagi sobat yang ingin masuk dan mendapat Tour Guide gratis bisa menghubungi bapak sarnu yang nomor telponnya tertera disana,kita bisa tanya-tanya dan membaca sekilas buku tentang candi yang dimasyarakat lokal lebih dikenal dengan candi reyog ini.

2.Jalan sawo
DSC05036
Dimana sih enaknya beli jajanan dan oleh-oleh khas magetan??Tentu semua bersemangat menjawab jalan sawo.Nah sobat tujuan saya dan teman-teman blogger smasa magetan yang kedua adalah Sentra jajanan dan oleh-oleh yang ada dijalan sawo.Dimana ada banyak sekali toko yang menjajakan oleh-oleh khas magetan yakni sepatu kulit.

Ohya saya pernah mendengar cerita dari guru saya dulu ketika guru saya dan sahabatnya sedang bertamasya ke sidoarjo menyempatkan untuk singgah di salah satu sentra oleh-oleh disana.Bapak-bapak yang jualan menanyakan asal dari guru saya,dan dengan lantang beliau menjawab asalnya dari magetan,dan dengan agak tertawa penjualnya berkata “oalah bu sepatu-sepatu niki asale nggih saking daerahe njenengan,daerah magetan”.Heheheheh,ternyata kerajinan magetan bisa sampai luar juga kan sobat,kalau bisa beli di magetan kenapa beli diluar yang ternyata buatan magetan juga.
Bagi yang ingin ke jalan sawo,kalau bisa jangan waktu libuaran atau sabtu minggu,karena situasinya sangat ramai sekali,saya yang sekolah di barat jalan sawo (sma 1 magetan) kadang sangat bingun mau lewat karena bus-bus besar memakan hampir setengah jalan utama,wow…..Rame banget.
Setelah beberapa waktu disana untuk melihat-lihat barang,kamipun melanjutkan ke destinasi selanjutnya.

3.Sentra pembuatan topi capil
DSC05038 DSC05047
Pasti sudah banyak yang tau kalau sumber dari topi-topi capik yang besar terdapat di ringinagung,namun apakah banyak yang tau kalau disana kita tidak hanya bisa membeli topi-topi khas magetan ini,dimana kita bisa berwisata edukasi.Saya dan teman-teman berkesempatan untuk melihat secara langsung cara pembuatan dari awal samapi akhirnya jadi.Disana kami juga sempat menanyakan beberapa pertanyaan kepada salah satu nenek yang menurut beliau sudah membuat capil dari jaman penjajahan belanda,jepang dan tentunya sampai sekarang.
Dari berita yang saya himpun,topi capi yang katanya berbeda denga topi-topi bambu dari daerah lain ini sudah dikirim sampai luar kota dan beberapa kali menembus pasar internasional.Menurut pembuat disana perbedaan mendasar dari topi yang ada dimagetan adalah agak lancip di bagian atasnya yang berbeda dengan topi lain yang tergolong lebih datar.

4.Sandong river Tubing

Kalau yang satu ini pasti belum banyak yang tau,dan banyak pertanyaan yang menyeruak.
Apa itu river tubing???Penah lihat arum jeram,nah kalau arum jeram biasa 1 perahu di isi 4-5 orang,kalau river tubing ini memakai seperti pelampung.Dan ini merupakan yang pertama di magetan lo!!!
Letaknya dimana???Letak dari lokasi sandong ini sendiri berada di desa Tanjungsari,kecamatan panekan,sekitar 7 km dari kota magetan,mudahnya ada di baratnya desa cepoko.Sayang untuk ketempat ini belum ada kendaraan umu jadi harus bawa kendaraan pribadi.
Selain bersih tempatnya,river tubing ini ngga kalah dengan arum jeram.Ini merupakan salah satu potensi di desa yang pernah menjadi desa pemelihara kelinci terbesar di indonesia.
5.Desa Sumber dodol
Selanjutnya ke sumber dodol,Sumber dodol sendiri adalah sebuah desa di kecamatan Panekan,Kabupaten Magetan, Yang kurang lebih jaraknya 7 km dari Pusat kota atau 1 km dari river tubing,udara yang sejuk membuat hati tenang dan Badan Sehat,Disana ada beberapa Tempat wisata yang saya rekomendasikan untuk anda diantaranya Yaitu Bumi Perkemahan Sumberdodol,Kolam Renang,Sumber Air,dan wisata kuliner.
a.BUPER sumberdodol Merupakan tempat yang tak asing bagi pecinta alam dan pramukawan di Wilayah Magetan ,Selain tempat yang nyaman untuk berkemah,disana kita sangat mudah menemukan air bersih untuk keperluan Berkemah.
b.Kolam renang disana bersebelahan dengan Buper Sumberdodol,Kolam yang bersih dan cukup luas itu dapat memuaskan diri anda beserta keluarga anda selain itu biayanya amat sangat murah.
c.Pemandian air Merupakan salah satu objek utama yang dikunjungi para pelancong jika pergi ke desa wisata ini,dimana terdapat puluhan sumber alami yang memancar dari dalam tanah,air yang segar dan bersih membuat kita tak was-was dengan kesehatan kulit kita.
Selesai beraktifitas sekian lama perut tentunya ingin diisi, Disana tempat makan yang paling terkenal adalah”Mie Ayam Mbah Sinung”,Makanan tersebut sangat terkenal karena rasanya yang nikmat dan gurih.

6.Air Terjun Tirtosari

(image source by :google.com)

Mungkin kalau kita pergi kesarangan sering melupakan pergi ke air terjun yang satu ini,memang air terjun ini namanya masih kalah moncer dengan Telaganya.Namun dengan nama yang kecil memiliki nilai jual yang tinggi dimana kita akan menikmati suasana gunung sesungguhnya,dengan hanya biaya 2ribu (kalau tidak salah,soalnya terakhir kesana waktu sd) kita sudah bisa bermain sepuasnya disana.Jalur kesana hanya bisa diakses dengan jalan kaki,namun jarak yang lumayan jauh itu tak akan membuat kita kelelahan karena kita akan disuguhi pedang wortel dan juga strobery yang sangat luas.Tiba disana kita bisa bermain,foto-foto dan juga makan sate yang memang banyak dijual disana.


Nah,seru bukan?? ternyata banyak sekali yang belum saya dan mungkin sobat ketahui,semoga bisa menjadi referensi liburan anda

– www.opowi.net –

Related posts

2 Thoughts to “Magetan bukan hanya sarangan”

  1. yang Sandong river Tubing kayaknya asik untuk di coba neh

  2. Bagus boss 😀
    Semangat !!!
    Go.. Goo. Goo !!

Leave a Comment