Kotaku cinta Batik

Sebagai kota wisata dan kerajinan,batik bukanlah hal yang baru di kota lereng gunung lawu ini.Baju batik pun telah menjadi gaya hidup bagi warga Kota Magetan.Di kota Magetan batik yang paling terkenal adalah batik Pring sedapur dari desa Papringan kecamatan Plaosan.Batik dengan motif pohon bambu yang mendominasi ini menjadi pakaian wajib bagi para pegawai di dinas kabupaten magetan,hal ini merupakan wujud dari kecintaan dan keingginan para petinggi kota untuk melestarikan baju batik yang telah ada sejak jaman dahulu. 
 Banyak sekali remaja yang beranggapan bahwa batik adalah baju kuno dan ndeso,tetapi buang jauh-jauh anggapan itu di magetan.Karena setiap hari kamis dan jum’at seluruh siswa di kabupaten magetan baik SD,SMP sampai SMA memakai baju batik,yakni batik asem yang digunakan pada hari kamis dan batik pring sedapur pada hari jum’atnya.Para siswapun tampak senang dan bangga ketika mereka berada di luar kota entah mengikuti seminar maupun lomba,karena baju mereka berbeda dari kota-kota yang lain yang cenderung belum menerapkan sistem ini.

Kalau siswa memakai baju batik,para gurupun tak mau ketinggalan mereka malah memiliki beberapa baju khas batik magetan yang juga dipakai saat mereka mengajar.

Di sekolah saya untuk meningkatkan kesadaran dan kecintaan akan batik,guru seni budaya memerintahkan muridnya untuk membuat sebuah rancangan batik yang unik dan belum ada di pasaran.Apresiasi dari gurupun timbul ketika ada karya siswa yang dinilai bagus langsung dipajang di beberapa sudut sekolah,hal inilah yang membuat para siswa jadi suka dan rajin,selain hasil mereka akan dilihat oleh seluruh warga sekolah,mereka juga telah melestarikan budaya nenek moyang.

Untuk menarik minat kaula muda untuk mencintai batik pemerintah kabupaten Magetan tak kehilangan akal dengan mengadakan lomba cipta batik tingkat kabupaten beberapa waktu lalu.Lomba ini diikuti oleh pelajar dan guru dari berbagai tingkatan di kabupaten magetan.

Karya pemenang akan mendapat hadiah yang lumayan besar,dan juga yang paling membanggakan adalah karyanya dipakai oleh seluruh instansi dan sekolah yang ada di kota magetan,hebat bukan??

Sekarang ini ada 3 batik wajib yang ada di Kota Magetan yakni Batik Magetan kumandang,Batik Pring sedapur dan Batik asem yang memiliki motif yang unik.Bagi para pelancong dari luar magetan yang ingin mendapatkannya boleh kok membeli di sentra-sentra batik yang tersebar di seluruh pelosok kabupaten magetan.

 

 Itulah cara kotaku melestarikan Batik yang merupakan warisan budaya indonesia,semoga bisa menjadi contoh kota-kota lain.Dengan cara ini batik tidak akan di klaim lagi oleh negara tetangga yang tak bertanggung jawab.

Ayo kawan-kawan sebagai warisan badaya di Indonesia marilah kita yang muda yang tua pokoknya semua golongan cinta batik,kalau bukan kita siapa lagi??

Hargailah negaramu dengan mencintai produk dalam negeri. 

 We love batik.

 

– www.opowi.net –

Related posts

4 Thoughts to “Kotaku cinta Batik”

  1. Bersyukur saat ini baju batik semakin populer di kalangan pemuda dan remaja sehingga batik akan terus lestari. Apalagi baju batik sudah jadi tren masa kini loh.

    1. sekarang dikalangan anak muda sangat ngetrend, dan semoga terus berkembang

  2. Baju batik memang sudah jadi tren di Indonesia. Selain melestarikan batik modern, juga sebaiknya dilihat juga batik tradisional. Jangan sampai malah mati batik tradisional. Kan bisa tuh buat baju dari kain batik tradisional.

  3. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai batik indonesia.Benar benar sangat bermamfaat dalam menambah wawasan kita menjadi mengetahui lebih jauh mengenai ilmu batik.Saya juga mempunyai artikel yang sejenis mengenai indonesia yang bisa anda kunjungi di sini

Leave a Comment