Cara Mengaktifkan 2-Step Verification pada Gmail

Email atau dalam bahasa Indonesia disebut surat elektronik adalah sarana kirim mengirim surat melalui jaringan komputer seperti internet. Email memiliki banyak fungsi seperti untuk mendaftar facebook, akun game COC, kaskus, bisnis dan masih banyak lagi.
Pada era sekarang email memiliki fungsi yang sangat krusial. Misalnya teman-teman memiliki email untuk akun Paypal yang berisi 1juta$ dan ada oknum-oknum tertentu yang ingin mencuri akun tersebut.  Nah oleh karena itu disaran bagi teman-teman menggunakan layanan email yang bernama Google Mail yang memiliki fitur Gmail 2-Step Verification. Dengan mengaktifkan google 2-Step Verification, setiap kita login di perangkat baru akan dimintai kode unik. Nah kode unik ini hanya dapat dimiliki si pemilik email dan kode unik didapatkan melalui sms, file berisi kode dari google, dan aplikasi khusus android.
Memang penggunaan fitur ini tergolong ribet dimana setiap kita login di perangkat baru akan dimintai kode unik namun hal ini sangat penting untuk melindungi akun email teman-teman dari oknum-oknum yang tidak berperi kemanusiaan. Untuk mengaktifkan 2-Step verification pada gmail, coba ikutin cara ini:
Pertamax, pastikan teman memiliki akun gmail. Untuk daftarnya silahkan kunjungi gmail.com.
Keduax, login di email tersebut dan masuk ke my account. Pilih menu masuk & keamanan. Isi pemeriksaan keamanan secara lengkap seperti telepon pemulihan harus diisi.
Ketigax, teman-teman akan dihadapkan pada menu sandi & metode masuk. Pilih aktifkan verifikasi 2 langkah. Kemudian login kembali dengan password email.

Keempatx, masukkan no telepon dan ikuti step by step. Komputer yang digunakan saat ini akan menjadi komputer terdaftar dan tidak akan dimintai penggunaan kode unik waktu login.

Kelimax, proses aktifasi verifikasi 2 step pada gmail telah selesai. Teman-teman dapat mengatur kode unik tersebut didapatkan dari sms, atau aplikasi seluler seperti android, iphone atau blackberry. Aplikasi ini dapat bekerja walaupun tidak ada koneksi internet. Jika ingin mematikan fitur verifikasi 2 langkah  ini, tinggal klik nonaktifkan.

Keenam, jika cara utama diatas tidak berfungsi masih ada opsi tambahan untu mendapatkan kode unik tersebut dengan cara menambahkan nomor cadangan dan mencetak atau mengunduh kode cadangan.

Yap, sekian cara aktivasi verifikasi 2 langkah pada gmail. Jika teman-teman mengalami kendala silahkan pos dikomentar.

Related posts

Leave a Comment