Blogazine genre baru dunia blogger indonesia

Di indonesia beberapa tahun dunia perblog’an berjalan sangat pesat dan sangat banyak penggiat dan pecintanya.Namun apakah anda tau,ada genre atau wajah baru dalam blog indonesia,yakni blogazine.

Apa itu blogazine??? blogazine adalah suatu konsep blog yang bergaya majalah, yaitu dimana postingan yang satu dengan yang lain tampil berbeda.

Jadi setiap postingan akan memiliki wajah/template yang berbeda.Kalau saya sendiri mungkin belum bisa melakukan secara total,karena kalau total disetiap kita membuat postingan baru,kita juga harus punya ide,apa tema yang cocok untuk tulisan saya ini??
Namun menurut mas rudy tipenya ada beberapa,sebagai contoh:

Full Blogazine

Type ini sepenuhnya menganut konsep blogazine, mulai dari halaman depan sampai dengan tiap posting yang ada dibuat berbeda. Jadi, tiap kali ada postingan yang baru terbit bisa dipastikan tidak akan sama dengan postingan-postingan sebelumnya.
full blogazine

Butuh imajinasi lebih, bagi yang mengusung konsep ini, baik tentang disain serta tata letak kalimat agar selain bagus secara visual juga enak dibaca.

Custom Post

Untuk type yang satu ini tidak sepenuhnya memakai konsep seperti diatas, tapi hanya beberapa posting yang mereka buat berbeda. Tampilan depan juga bisa mengusung konsep thema pada umumnya saja.
custom post

Jadi jika mereka ingin membuat sesuatu yang berbeda mereka tinggal membuat postingan tersebut bergaya ala blogazine dan jika tidak maka tampilan posting akan sama seperti thema pada umumnya.

Mengutamakan Disain

Para narablog yang mengusung type full blogazine mayoritas (tidak semua) mengutamakan disain, mereka akan merancang dulu disain yang bagus kemudian konten akan disesuaikan dengan disain tersebut.

Memang butuh sedikit ekstra waktu untuk membuat sebuah disain yang benar-benar unik, ektra ketrampilan dalam membuat manipulasi gambar, ekstra ilmu koding untuk tata letak layout yang benar-benar pas dengan konten.
Disain bisa dibuat sederhana juga bisa dibuat serumit mungkin, ini tergantung dari imajinasi mereka masing-masing.
Ada yang sedikit terlupakan bagi mereka yang mengutamakan disain, yaitu isi konten itu sendiri. Sangking semangatnya membuat disain yang baru mereka lupa kalau konten juga perlu dibaca.
Kesalahan-kesalahan tersebut biasanya terletak pada keterbacaan, aturan tanda baca, serta ejaan.
Kecuali anda hanya memasang gambar saja jadi lupakan kesalahan tentang apa yang perlu dibaca, tapi perhatikan saja apa yang perlu dilihat. 😀

Mengutamakan Konten

Type ini adalah kebalikan dari type diatas, mereka mereka membuat suatu postingan yang panjang ataupun pendek setelah itu baru mereka mendisainnya.

Ya, dalam arti kata disain postingannya mengikuti konten. Walau sederhana tetapi disain tidak lari dari konten. Pengunjung tetap bisa membaca tulisan yang berkualitas dengan suguhan disain yang membuat nyaman untuk dinikmati.
Si pemilik blog kurang pandai untuk mendisain tetapi mencoba untuk membuat yang terbaik pada postingannya dengan disain yang cukup seadanya tapi memikat.

Mengutamakan Disain & Konten

Kelompok ini yang bisa saya sebut sebagai yang paling super.
design and content

Karena selain piawai menulis artikel dia juga piawai dalam mendisain postingannya baik menggunakan manipulasi gambar (contoh : Photosop) ataupun hanya sekedar memakai tehnik-tehnik CSS.

Pembaca benar-benar terhanyut bukan hanya dengan tulisannya, tetapi juga dengan disainnya yang begitu menawan..

2 blogger yang sudah melakukan total yang sering saya kunjungi adalah mas ladida dan mas rudy.Mereka menjadi saya lebih membuka mata akan beraneka ragam tipe blog dan membuat saya lebih tau.Saya sangat terinspirasi dengan apa yang ke-2 blogger ini lakukan.
Tertarikkah anda???

– www.opowi.net –

Related posts

4 Thoughts to “Blogazine genre baru dunia blogger indonesia”

  1. review yang bagus.. dan sangat bermanfaat, saya juga tertarik..

  2. Semoga menambah inspirasi anda 😀

Leave a Comment