Belanja online aman dengan rekber (rekening bersama)

Dari tempat jual beli yang ada di indonesia (bukan toko) yang paling saya percayai dan paling nyaman adalah menggunakan FJB (Forum Jual Beli) miliknya kaskus,entah saya sangat kurang sreg dengan situs lain semisal tokoba**s atau bern***a dan yang lainnya.Di FJB itu saya dipermudah untuk melihat manasih seller yang good reputation dan bad reputation dari beberapa faktor.

 1.Yang pertama adalah jumlah postingan,memang sih tidak mewakili secara real,tapi penjual yang memiliki thread banyak lebih saya percaya dibanding yang baru memiliki puluhan thread. 

2.Reputation

Dari reputation yang diterapkan kaskus saya sangat senang,karena saya bisa mempertimbangkan untuk membeli di si seller.Orang tentunya akan lebih percaya dengan seller yang memiliki cendol banyak dari pada punya abu gosok atau bahkan bata.

 3.Donator

Dengan seller yang menggunakan tag donator saya hampir sangat amat percaya (ngga 100% sih ,tetep…)dimana saya memisalkan tag donator itu domain TLDnya di kaskus.Dengan tag donator otomatis dia (sipenjual) sangat bersungguh-sungguh untuk mengembangkan usahanya. 

4.Testimoni

Nah,ini bisa menjadi salah satu tolok ukur seller bagus,dengan ,melimpahnya testimoni pisitif tentunya akan membuat anda nyaman untuk membeli,dan mengobrak-abrik fjk kaskus.

memang dari paparan saya diatas tidak bisa menjadi patokan utama,kita juga harus tetap hati-hati,dimana reputation bisa dibeli dan Thread juga bisa joki.

Kalau cuma beli ratusan ribu (dibawah 500rb) sih insyaallah masih aman,tapi bagaimana kalo mau transaksi jutaan rupiah?

Disinilah REKBER (Rekening Bersama) hadir mengatasi masalah yang sering terjadi di jual-beli online yakni penipuan.

  

 Rekber sendiri adalah sebuah pihak ke tiga yang akan membantu kita agar lebih aman dalam berbelanja online.Mekanisme rekber sendiri sangat sederhana dimana (misal: A:Penjual B:Bank Rekber C:Pembeli)

Si C membeli barang kepada Si A dengan uang 2.500.00,karena si C takut ditipu A maka C menggunakan Jasa B,Si C pun meminta menggunakan Rekber B untuk transaksi dengan Si A.

Nah,setelah kedua belah pihak setuju,C mentransfer uang kerekening B (Rekber),dan si B pun melengkapi data di Rekber.Setelah selesai C mengkonfirmasi pada A bahwa dia sudah menyelesaikan,dan si C mengirim barang.

Setelah barang diterima C dan barang cocok barulah C mengkonfirmasi ke B,dan akhirnya transaksi selesai,uangpun ditransfer ke A.

Nah sebagai buyer,kita harus tetap waspada dan menggunakan REKBER terpercaya tentunya.

 Maaf jika,penjelasan saya yang agak kurang diterima.

Dan,semoga lancar dalam berbelanja online anda 😀

– www.opowi.net –

Related posts

One Thought to “Belanja online aman dengan rekber (rekening bersama)”

Leave a Comment