Being Entreprenuer with social Media

Tahun 2012 ini pemerintah Indonesia sedang giat-giatnya menggerakkan warga Indonesia untuk berwirausaha.Kenapa harus berwirausaha?? Karena selain membuka jalan kita untuk lebih baik juga membuka peluang kerja untuk orang lain,hal ini sama saja kita juga membantu pemerintah untuk menyelesaikan beberapa masalahnya,yakni masalah “pengangguran”.Dalam berwirausaha itu bisa dikatakan susah-susah gampang.Banyak cerita sukses orang berwirausaha,namun juga tak sedikit mereka yang gagal.Kegagalan ini kebanyakan karena orang itu kurang sabar dan kurang ulet,padahal kedua hal itu merupakan menjadi poin penting dalam melakukan wirausaha.Banyak hal positif yang ditimbulkan ketika kita menjalankan sebuah wirausaha,diantaranya kreatifitas kita akan terus berkembang dan kita tidak akan bergantung pada orang lain.Walaupun tidak mudah namun bukan berarti tidak ada cara mempermudah dalam usaha kita,diantaranya pemanfaatan jejaring sosial untuk mempromosikan usaha kita.

Apa sih jejaring sosial??

Berkembangnya teknologi sekarang ini membuat orang ingin lebih dekat dengan orang lain dengan mudah dan cepat,dimana hal ini menjadi tantangan bagi para developer web untuk membuat sesuatu yang wah!!Jejaring social sendiri adalah suatu web yang berguna untuk menambah pertemanan (awalnya) namun sekarang ini sudah banyak fungsi lain yang disematkan kedalamnya,dimana sekarang orang-orang sudah bisa membaca berita dan bermain game tanpa sulit-sulit mendownloadnya.

Kenapa Harus jejaring Sosial??

Fenomena maraknya masyarakat indonesia khususnya menggunakan jejaring sosial memang belum lama,namun indonesia sebagai negara berkembang bisa menjawab semua itu dengan menjadi yang terbanyak dalam beberapa sosial media semisal facebook.Nah hal ini lah yang perlu digaris bawahi oleh para pelaku wirausaha,yakni banyaknya pengguna jejaring sosial asal indonesia.Hal ini menjadi santapan empuk,dimana pelaku usaha tidak perlu lagi mencari orang susah-susah taupun mempromosikan dengan mahal di berbagai tv atau media lain.
Apa keunggulan Dengan Jejaring sosial??
Dengan memanfaatkan banyaknya orang yang memakai fasilitas ini,kita dipermudah untuk mencari pelanggan.Dibidang promosi kita tak harus mengeluarkan uang sepeserpun untuk melakukan promosi disana.Sampai disini para pelaku wirausaha sudah bisa disebut juga sebagai pebisnis online.Nah keunggulan selanjutnya,kita juga tidak memerlukan tempat untuk menempatkan barang kita,dimana kalau sudah ada yang pesan kita baru mengerkjakannya.
Keunggulan jejaring sosial lain adalah mudah digunakan,diamana anak-anak sampai orang tua pun tak akan kesulitan menggunakan fasilitas jejaring sosial.
2 hal yang sangat saya suka dalam pemanfaatan media sosial ini yakni biaya penggunaan yang murah bahkan gratis (dengan wifi publik mungkin) dan yang kedua adalah karena banyaknya pengguna dari berbagai kalangan,dimana kita bisa menyuruh mereka untuk melakukan poling tau sekedar mereview terhadap produk kita,hal ini sangat baik dimana kita akan mendapat banyak masukan yang berguna.

Siapa saja yang bisa melakukan??

Semua orang!! sekarang ini berwirausaha tidak lagi dimonopoli orang dewasa namun sudah banyak para pemuda yang sudah tertarik bahkan menjadi pemimpin disuatu perusahaannya.Di jejaring sosial ini tidak mengenal batasan waktu,tempat dan usia.Dimana semua umur boleh menggunakannya.

Apa saja jejaring sosial yang digunakan untuk hal ini??

Ada banyak sekali jejaring sosial saat ini yang tersebar luas di ranah internet.Namun saya memilih 3:
1.Kaskus
Dengan FJB (Forum Jual Beli)nya kaskus sukses meraup banyak wirausahawan muda diseluruh negeri bahkan warga negara lain.Dimana dengan pengguna lebih dari 3 juta tak ayal perputaran uang dikaskus sangat luas.
2.Facebook
Di Facebook ini banyak fasilitas ditawarkan dan sampai saat ini masih menjadi jejaring sosial nomor 1 dunia.Dengan Fanpage yang disediakan kita akan mendapat banyak pengunjung yang datang dari berbagai penjuru dunia.
3.Twitter
Fenomena twitter mencuat belum lama,tapi jangan tanya pengguna aktifnya.Jejaring yang banyak digunakan para artis ini menawarkan banyak cara unik dalam menawarkan bisnis kita.Misalnya ketika kita bikin tweet,1 orang akan tweet,dan jika beruntung sahabat dari orang itu juga akan melakukan retweet milik anda.

Siapa saja yang sudah sukses dengan cara ini???

Siapa sih yang ngga kenal dengan kerupuk yang satu ini,kerupuk asal bandung ini telah menjadi makanan khas yang paling banyak dicari sekarang ini.Ditangan Bob Merdeka kerupuk ini menjadi laris manis.Dan jika kalian tahu ,langkah jitu yang digunakan siempunya maicih adalah mempromosikan barangnya melalui twitter,dan akhirnya bisa sampai sekarang ini.Walau sudah terkenal dan mempunyai banyak toko namun Bob merdeka menyatakan tidak akan berhenti dalam berbisnis online dan tetap memasarkan produknya dengan twitter dan blog.Dan yang perlu anda ketahui modal awal bob,hanya 15 ribu lo?? dengan ketekunan dan tentunya promosi gencar-gencaran dengan twitter dia bisa mengasilkan laba bersih 2 milyar dalam sebulannya?? tertarik kan??
tetapi tetap jangan sampai ketinggalan hal dibawah ini:

1.Jangan mudah menyerah
Dalam bisnis online memang susah-susah gampang,ketekunan menjadi kunci kita untuk berhasil,dan jangan berhenti ditengah jalan.Karena kadang-kadang para pelajar mempunyai mood yang labil,dimana kadang suka dan kadang ngga (bosen).
2.Ciptakan inovasi
Hal ini mengkin tidak hanya berlaku untuk bisnis online tapi semua hal,dimana bagi yang ingin mencoba seperti bobmerdeka haruslah orang yang mempunyai inovasi tinggi.Kita harus menemukan celah,walau kelihatannya sempit.
3.Jangan bilang “kelihatannya”
hal yang sering saya dengerin dan pernah saya alami adalah berkata  “kelihatannya susah”,”kelihatannya ngga cocok buat aku” dan masih banyak kelihatannya-kelihatannya yang lain,jangan takut mencoba dan tetap semangat
Dan yang terakhir adalah berdoa kepada ALLAH setelah segala macam usaha yang kita lakukan
Wah ternyata,walau di internet cuma klik sana klik sini tapi ada sesuatu hal yang menjadikan internet dan bisnis online menjadi hal yang patut dicoba para remaja jaman sekarang.Ngga cuma terkenal dengan tawurannya ternyata banyak juga Pemuda khususnya pelajar indonesia yang sudah merintis bisnis sejak sekolah,dimulai dengan hal kecil kecilan.

Tertarikkah anda menjadi wirausahawan??ada banyak jalan menuju roma,salah satunya pemanfaatan teknologi seperti media sosial ini.Semoga menambah semangat anda berbisnis online. 😀

– www.opowi.net –

Related posts

Leave a Comment