apa yang dipelajari di design and manufacture pada semester 1 ?

Selamat pagi,semoga kita sehat selalu 🙂 di pagi yang lumayan cerah ini saya akan menjelaskan beberapa mata kuliah yang akan di dapat Mahasiswa saat berada di prodi Design and Manufacture Engineering pada semester 1.Dimana dalam semester pertama ini terdapat 20 SKS = 37 jam (1 jam mata kuliah=50 menit ) .

1.Mekanika Terapan
Yang pertama adalah mekanika terapan,dengan bobot SKS1 (2 jam MK) kita akan mendapat ilmu fisika,tapi lebih mengarah pada pemanfaatan vektor.Disini akan dibahas tentang penggunaan vektor yang lebih mendalam

2.Bahasa Inggris I
Pelajaran yang sudah didapat ketika kita SD bahkan TK ini akan menjadi santapan kita selama semester pertama dengan  bobot 3 SKS ( 3 jam MK).

3.Fisika Terapan
kenapa fisika terapan?ya karena ini Diploma..Pelajaran yang akan kita terima di sini hampir sama dengan pelajaran fisika SMA namun lebih mendalam,di pelajaran dengan bobot 3 SKS (6 jam MK) ini menjadi hal yang harus kita kuasai,karena menurut saya ini bekal menjadi seorang engineer .

4.Matematika terapan
Memiliki 2 SKS (4 jam MK) matematika di Design Manufacture masih erat dengan pelajaran SMA,namun ada penambahan pengaplikasian untuk menghitung dalam dunia perkapalan dan industri,semisal menghitung volume kapal.

5.Gambar Teknik
Dengan 2 SKS (4 jam MK) inilah yang menjadi hal mendasar anak disain…yap menggambar….Pada semester 1 ini kita masih mempelajari dasar-dasar gambar dengan cara manual alias belum menggunakan komputer.Disini kita akan menggambar 3 dimensi,2 dimensi,menggambar bagian mesin,menghitung kehalusan,kelonggaran pada pembuatan mesin dan masih banyak lagi.Sebagai Designer hal ini wajib kita kuasai.

6.Teknologi Mekanik
Berbicara teknologi mekanik dengan 1 sks (2 jam MK) kita akan mempelajari bagaimana menggunakan mesin industri,menghitung kecapatan mesin,menyetel mesin dan semua yang berhubungan dengan mesin industri.Di pelajaran ini kita banyak menhafal nama alat dalam dunia industri,cara pemakaian dan penyetelan tentunya.

7.Keselamat dan Kesehatan Kerja ( K3)
Dari namanya mungkin sudah banyak yang tau dengan pelajaran berbobot 1 SKS (2 jam MK) ini,dipelajaran ini kita mempelajari bagaimana cara mengurangi/menanggulangi kecelakaan di dunia kerja.Apa saja yang kita lakukan saat kebakaran? apa saja baju standar di dunia industri? berapa suhu yang sesuai dengan pekerja yang memiliki kebutuhan kalori sekian? berapa jarak aman bekerja? berapa lebar jendela dengan ruang kerja yang telah ditentukan? semua akan kita pelajari di pelajaran ini.

8.Praktek Pengoperasian Komputer
Kalau di SMA mengenal TIK atau TIKOM di sini kita mengenal PPK,menurut saya pastinya semua anak jaman sekarang sudah mnegusai pelajaran ini.Kita akan mempelajari word,exel,access dan beberapa aplikasi kerja lainnya. 2 SKS ( 4 jam MK)

9.Praktek Bengkel I
dengan SKS 4 (8 jam MK) praktek bengkel di bagi 2 yakni praktek kerja bangku dan sheet metal.Praktek kerja bangku lebih ke benda berbentuk balok sebaliknya di sheet metal akan memakai lembaran lembaran baja.Di sini kita akan membuat berbagai macam jobsheet dan dengan berbagai macam alat baik manual maupun otomatis.

10.Pengantar Teknologi Kelautan
Bergerak di industri kapal tentunya banyak istilah-istilah asing yang belum atau asing kita dengar,nah di sinilah kita akan memepelajari semuanya.Mulai dari ukuran dasar kapal,tempat pembuatan kapal,cara pembuatan kapal,tempata pengujian dan pemberi sertifikat berlayar dan semua tentang kapal akan di bahas disini.1 SKS (2 jam MK)

Nah mungkin itu beberapa yang dapat saya jelaskan apa yang saya terima pada semester 1 design and manufacture semoga membantu 🙂

– www.opowi.net

Related posts

One Thought to “apa yang dipelajari di design and manufacture pada semester 1 ?”

  1. HOT CAM MODELS NEEDED!
    GENERATE UP TO $10,000 PER WEEK.
    JOIN AS A BONGA MODELS CAM MODEL TODAY!

Leave a Comment