6 cara mengoptimalkan Navigasi blog untuk SEO dan Menjaring pengunjung

Blog dewasa ini dimiliki oleh banyak orang,tidak hanya oleh para ahli IT,blog menjalar ke semua elemen masyarakat,mulai dari mahasiswa sampai dokter,tukang becak,guru dan masih banyak lagi.Tujuan untuk membuat blog ada banyak,mulai dari mendulang uang,berbagi ilmu,tugas sekolah dll.
Sebagai seorang blogger sejati tentunya banyaknya komentar dan pengunjung yang ada di blog yang kita miliki bisa menjadi pelecut kita untuk semakin giat menulis,serta menjadi kebanggaan tersendiri bagi para penulis,karena tulisan yang dia buat telah mendapat tempat tersendiri dimata pembaca.
Untuk mengoptimalkan kedatangan para pengunjung ini,tentunya ada banyak cara.Hal ini dilakukan agar pembaca tak hanya datang pada satu halaman saja,namun bisa melihat banyak artikel kita yang menarik dengan mudah tanpa dia harus mencarinya dengan susah payah.Kemudahan yang kita tawarkan dalam menawarkan hal yang kita tulis tentunya akan menjadi nilai plus dimata pembaca.
Apa saja sih yang harus kita optimalkan dalam membuat design dan navigasi yang ada di blog kita.
1.Optimalkan Navigasi pada header anda
Navigasi header yang letaknya ada diatas blog kita,sebaiknya kita maksimalkan dengan mempermudah para pembaca.Usahakan menu-menu yang terpampang adalah menu yang memang dibutuhkan oleh para pengunjung,selain menu home yang digunakan untuk melihat-lihat menu utama biasanya menu navigasi di header ini diisi oleh sub-sub category yang ada di blog kita.
2.Gunakan breadcrumb
Fungsi breadcrumb sendiri ialah agar pengunjung tau sekarang ada dimana? dia sedang membuka sub category apa? dengan adanya breadcrumb tentunya jika tulisan kita menarik,pengunjung akan membuka sub category dari tulisan yang ia baca,hal ini tentunya akan membuat pengunjung semakin lama dan betah menjelajah di blog kita.Di sisi SEO kita akan mempermudah google bot untuk merangsek kedalam semua artikel kita dengan mudah.
3.Yuk tambahkan artikel populer

Artikel populer bisa menjadi daya tarik tersendiri,saya sering sekali membuka semua yang terpampang di menu yang satu ini,karena artikel yang terpampang biasanya menjadi artikel yang paling banyak dicari oleh para pengunjung.
4.Relate post
Relate post atau post yang terkait memiliki arti sebagai beberapa postingan yang memiliki kesamaan tema atau category.Keterkaitan ini tentunya juga amat sangat membantu google bot,serta mempermudah pengunjung

5.Random post
Random post menampilkan artikel yang ada di blog secara acak,hal ini tentunya bisa menambah view halaman-halaman kita yang sepi pengunjung
6.Artikel terbaru

Mungkin banyak yang berpikir untuk melihat artikel terbaru kenapa tidak langsung ke halaman depan? namum pertanyaan lain juga terlintas apakah semua pengunjung masuk dari halaman home? saya rasa tidak.Banyak cara yang dilakukan untuk sampai di blog kita,salah satunya melalui mesin pencari semisal google.
Dari 6 cara diatas tentunya bukan pakem yang untuk menjaring pengunjung dan memperbaiki seo,namun dengan melakukan hal diatas kita akan mempermudah dan agak menghambat para pengunjung untuk keluar dari blog kita.
– www.opowi.net

Related posts

One Thought to “6 cara mengoptimalkan Navigasi blog untuk SEO dan Menjaring pengunjung”

  1. Kalau navigasi nya memanjang kebawah gimana ? apa akan mwngganggu SEO ?

Leave a Comment