5 Politeknik Terbaik di Indonesia

www.opowi.net – Opowi tak habis-habisnya membahas tentang pendidikan di indonesia , Dengan Slogan Knowledge to Change Future kami akan terus berkontribusi untuk perkembangan pendidikan Indonesia . Sebagai referensi adik-adik yang akan meneruskan keperguruan tinggi , kali ini opowi akan membahas 5 Politeknik Terbaik yang ada Di Indonesia . Pertama saya akan menjelaskan apa itu Politeknik

Politeknik atau sering disamakan dengan institut teknologi adalah penamaan yang digunakan dalam berbagai institusi pendidikan yang memberikan berbagai jenis gelar dan sering beroperasi pada tingkat yang berbeda-beda dalam sistem pendidikan. Politeknik dapat merupakan institusi pendidikan tinggi dan teknik lanjutan serta penelitian ilmiah ternama dunia atau pendidikan vokasi profesional, yang memiliki spesialiasi dalam bidang ilmu pengetahuanteknik, dan teknologi atau jurusan-jurusan teknis yang berbeda jenis. Istilah tersebut juga dapat merujuk pada sekolah pendidikan menengah yang berfokus pada pelatihan vokasional.

by wikipedia indonesia 
Sudah taukan sekarang apa itu Politeknik , yak langsung saja saya akan jelaskan satu-persatu
1.PPNS
         Kampus yang terletak di JL.Teknik Kimia , Kampus ITS Sukolilo Surabaya ini merupakan satu-satunya Perguruan Tinggi Vokasi tentang Perkapalan (Ingat : Perkapalan berbeda dengan pelayaran ) .PPNS sendiri bisa di bilang raja kapal di Indonesia , Segala macam perlombaan Kapal pernah di menangkan . Di bidang industri sendiri mahasiswa dari PPNS terjamin kerjanya jadi tidak usah takut ngga dapet kerja, rata-rata mereka mendapatkan kerja Maksimal 2 bulan setelah lulus. Di PPNS juga terdapat program Double Degree yang bekerjasama dengan Perancis , China , Serta Korea Selatan . Tidak hanya itu Perguruan tinggi ini juga membuka OJT (magang ) di Korea Selatan . Tak diragukan lagi PPNS juga menjalin kerjasama baik dengan Industri (Astra , Yamaha , PT.Pal , Total, dll)  sampai Pergurun tinggi Nasional Maupun Internasional . Jurusan di PPNS sangat diminati , Mulai dari :
1. Teknik Desain dan Manufaktur (Design and Manufacture Engineering)
2.Teknik Las (Welding Engineering )
3.Teknik Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja / K3 (Safety Engineering)
4 Teknik Permesinan Kapal (Marine Engineering )
5.Teknik Perpipaan (Piping Engineering )
6.Teknik Kelistrikan Kapal
7.Teknik Otomasi
8.Teknik Bangunan Kapal
9.Teknik Perancangan dan konstruksi kapal (Design and Construction Engineering )
10.Manajemen Bisnis
11.Teknik Pengolahan Limbah

Untuk info lebih lanjut silahkan kunjungi ppns.ac.id
2.PENS
     Kalau yang satu ini masih tetangga sama PPNS , Beralamat di JL.Raya ITS – Kampus ITS Sukolilo, Surabaya. Kalau PPNS raja Kapal , Kalau Pens Rajanya Robot Indonesia . Kenapa saya bilang seperti itu , karena PENS hampir tidak tertandingi di bidang robotika , Buktinya PENS menggondol juara pada Kontes Robot Indonesia (KRI) sebanyak 12 kali berturut-turut .Lawannya pun tak main-main mulai dari ITB,ITS,UGM , dan perguruan lain di Indonesia .Di Internasioan PENS Juga berjaya , Pernah Menjadi juara Umum Lomba Robot Internasioanal , Mulai dari di Amerika , India , dan masih banayk lagi .Di PENS memiliki beberapa jurusan Diantaranya :
1.Teknik Elektronika
2.Teknik Telekomunikasi
3.Teknik Elektro Industri
4.Teknik Informatika
5.Teknik Mekatronika
6.Teknik Komputer
7.Teknologi Multimedia Broadcasting
8.Sistem Pembangkitan Energi
9.Teknologi Game
3POLBAN
 POLBAN (Politeknik Bandung) , seperti halnya PPNS dan PENS yang dulu dibawah naungan ITS(Institut Teknologi Sepuluh Nopember ) , POLBAN sendiri cikal bakalnya merupakan sebuah politeknik milik ITB(Institut Teknologi Bandung ) Yang mandiri menjadi politeknik jauh dibanding PPNS maupun PENS . Saat ini Kampus ini memiliki beberapa jurusan antara lain :

1.T.Sipil
2.T.Mesin
3.T.Refrigasi dan Tatat Udara
4.T.Konversi Energi
5.T.Elektro
6.T.Kimia
7.T.Komputer dan Informatika
8.Akuntansi
9.Administrasi Niaga
10.Bahasa Inggris

Salah satu prestasi terbarunya adalah Juara Kontes Robot Internasional yang diadakan di Amerika.

4.POLMAN
   Politeknik Manufaktur Negeri Bandung adalah sebuah politeknik di Bandung, Indonesia yang beralamat di Jl. Kanayakan 21, Dago. Politeknik yang satu ini juga ngga kalah Dengan politeknik yang diatas tadi , Dibidang Industri mahasiswa POLMAN sangat di percaya karena memiliki kemampuan yang T-O-P dah.

5.ATMI
 ATMI ( Akademi Tehnik Mesin Industri ) Merupakan politeknik yang terdapat di Surakarta , ATMI sendiri menerapkan dua sistem pembelajaran , yaitu dari Jerman dan Swiss . Pembelajaran di ATMI sendiri di sesuaikan dengan apa yang ada pada dunia Industri. Berikut merupakan jurusan yang terdapat dalam kampus yang satu ini :

1.Teknik Mesin Industri
2.Teknik Mekatronika 
3.Teknik Perancangan Mekanik dan Mesin
 Lulusan dari ATMI sendiri banyak yang menjadi pemimpin di perusahaannya , salah satu yang saya tahu adalah GM dari perusahaan Delcam Indonesia.

Berikut 5 Politeknik Terbaik di Indonesia, Bagaimana sudah tau kan bagaimana politeknik hebat di Indonesia .

Semoga Bermanfaat .

Related posts

3 Thoughts to “5 Politeknik Terbaik di Indonesia”

  1. Politeknik yang bagus dalam bidang atau kuliah akuntansi atau accounting apa min? Temen-temen ane pada masuk mesin, ane mau beda sendiri 😀

    1. ppns manajemen bisnis maritim 🙂

  2. yukk ikutan beasiswa politeknik di campus poljan.kunjungi http://politeknikpajajaran.ac.id/

Leave a Comment